cover
Contact Name
Prananda Anugrah
Contact Email
jurnalbelantika@gmail.com
Phone
+6281555764640
Journal Mail Official
jurnalbelantika@gmail.com
Editorial Address
Jl. Jembawan 2, 4B/23 Sawojajar 2 Malang, Jawa Timur-65145, Indonesia
Location
Kab. malang,
Jawa timur
INDONESIA
Belantika Pendidikan
Published by Kayon Media
ISSN : -     EISSN : 27209601     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Research topics of interest include, but are not limited to: Educational Technology Educational Management Gudance and Counseling Non Formal Education Indonesian Language Education English Language Education Biology Education Mathematics Education Chemistry Education Geography Education Vocational Education Economics Education Primary Education Physics Education Business and Management Education Sport Education Language Teaching Arabic Language Teaching Fine Art Teaching Accounting Economics Sciences History Education Civic (law, constitution) Education Education in general
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2020)" : 5 Documents clear
Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Proses Ilmiah untuk Siswa Sekolah Dasar
Belantika Pendidikan Vol 3, No 1 (2020)
Publisher : Kayon Media

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47213/bp.v3i1.79

Abstract

Tujuan penelitian pengembangan ini untuk 1) mengembangkan instrumen penilaian keterampilan proses ilmiah untuk siswa kelas IV SD; 2) mengembangkan instrumen penilaian keterampilan proses ilmiah yang mengukur tujuan pembelajaran sesuai kompetensi yang dibelajarkan; 3) mengembangkan prototipe instrumen penilaian keterampilan proses ilmiah; 4) mengembangkan instrumen keterampilan proses ilmiah untuk diujicobakan kepada guru dan siswa kelas IV SD; dan 5) menghasilkan produk akhir instrumen penilaian keterampilan proses ilmiah untuk digunakan guru dan siswa. Model penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE (analyse, design, development, implementation, evaluation). Model ini dipilih karena adaptif, sistematis dan sesuai dengan penelitian pengembangan ini. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil validasi ahli pembelajaran dan penilaian menunjukkan produk sangat valid, sangat tuntas dan dapat digunakan. Hasil validasi pengguna menunjukkan produk dapat digunakan. Hasil uji coba menunjukkan produk dapat diterapkan dengan beberapa revisi pada penggunaan ejaan, kosa kata, penulisan, dan pedoman penilaian.Revisi produk dilakukan sesuai saran dari ahli evaluasi, ahli pembelajaran, pengguna, dan hasil uji coba.
Pengembangan Asesmen Autentik Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar Ima Wahyu Putri Utami; Muhardjito Muhardjito; Dedi Kuswandi
Belantika Pendidikan Vol 3, No 1 (2020)
Publisher : Kayon Media

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47213/bp.v3i1.80

Abstract

Pembelajaran tematik yang memasukkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan dalam proses pembelajaran telah diterapkan di sekolah dasar. Pembelajaran merupakan inti dari suatu implementasi kurikulum, sehingga asesmen harus dilakukan secara terus-menerus selama proses pembelajaran. Tujuan penelitian pengembangan ini untuk menghasilkan buku asesmen autentik pada pembelajaran tematik bagi guru kelas I SD yang mempunyai tingkat kevalidan, keterterapan, dan keterbacaan yang tinggi. Metode penelitian pengembangan yang digunakan adalah model O’Malley Pierce. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah pedoman wawancara, dokumentasi, lembar validasi, dan angket respon guru. Wawancara dan dokumentasi digunakan untuk mengetahui kebutuhan yang ada di lapangan terkait asesmen autentik. Lembar validasi digunakan untuk mengetahui tingkat kevalidan produk buku asesmen autentik. Angket respon guru digunakan untuk mengetahui tingkat keterterapan, dan keterbacaan produk buku asesmen autentik. Rata-rata hasil validasi ahli evaluasi, ahli bahasa, dan ahli karakter mencapai 86% dengan kriteria sangat valid. Rata-rata hasil keterterapan produk dari guru kelas IA, IB, dan IC mencapai 95% dengan kriteria sangat valid. Rata-rata hasil keterbacaan dari guru kelas IA, IB, dan IC mencapai 86% dengan kriteria sangat valid.
Kesulitan Guru Sekolah Dasar dalam Mengembangkan Pembelajaran IPS Berorientasi Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Frumensius B. Dole; Wahjoedi Wahjoedi; Nyoman Degeng
Belantika Pendidikan Vol 3, No 1 (2020)
Publisher : Kayon Media

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47213/bp.v3i1.81

Abstract

Penelitian dilaksanakan untuk mendapatkan deskripsi yang jelas mengenai kesulitan guru IPS di Kecamatan Detukeli Kabupaten Ende, dalam mengembangkan perencanaan pembelajaran IPS berorientasi pendidikan karakter berbasis kearifan lokal. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan observasi dan wawancara dalam pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para guru IPS SD di Kecamatan Detukeli belum membuat perencanaan pembelajaran dengan baik karena mengalami kesulitan dalam membuat setiap bagian dari rencana pembelajaran dan mengatur waktu kerja. Hal-hal yang menyebabkan kesulitan tersebut adalah kurangnya pelatihan untuk guru yang berhubungan dengan pengembangan perangkat pembelajaran, minimnya sarana dan prasarana penunjang, dan beban kerja yang terasa berat karena minimnya fasilitas.
Relevansi Kurikulum S1 Pendidikan Teknik Informatika UM dengan Kompetensi SMK Jurusan Multimedia Achmad Hamdan; Wahyu Nur Hidayat; Hary Suswanto
Belantika Pendidikan Vol 3, No 1 (2020)
Publisher : Kayon Media

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47213/bp.v3i1.82

Abstract

Berdasarkan hasil survei peneliti terhadap mahasiswa PTI UM yang menempuh Praktek Kerja Lapangan (PKL) di beberapa SMK mengalami kesulitan dalam mengajar, khususnya pada SMK jurusan Multimedia. Oleh karena itu perlu dikaji dan diketahui seberapa besar relevansi kurikulum S1 PTI dengan kompetensi yang dibutuhkan di SMK jurusan Multimedia. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah wawancara, angket, dan dokumentasi di lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil perhitungan, tingkat relevansi kurikulum S1 PTI UM dengan kompetensi SMK Jurusan Multimedia  adalah tinggi atau sangat baik, yakni dengan hasil 72,5%. Masih terdapat 27,5% kompetensi yang belum sesuai, dan belum tersaji pada Kurikulum S1 PTI UM, kompetensi tersebut diantaranya animasi, fotografi, sistem komputer, dan penggunaan peralatan tata cahaya.
Pendidikan Janin pada Masa Pre-natal (kehamilan) sampai dengan Post-natal (pasca persalinan) Ditinjau dari 6 Kategori Rumpun Pendidikan Islam dan Asas Hikmah Permana Octofrezi
Belantika Pendidikan Vol 3, No 1 (2020)
Publisher : Kayon Media

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47213/bp.v3i1.83

Abstract

Untuk memperoleh generasi yang berkualitas dan bertaqwa, maka idealnya orangtua mempersiapkannya sejak dini, yakni mendidik sejak anak di dalam kandungan ibunya. Artikel ini memaparkan tentang pendidikan islam masa pre-natal post natal (masa kehamilan sampai dengan masa pasca persalinan). Secara detail, naskah ini mengungkapkan tabir beberapa hal yakni : Pertama, bagaimana definisi, bentuk dan hikmah pendidikan islam masa pre-natal ; Kedua, bagaimana definisi, bentuk dan hikmah pendidikan islam pada masa post-natal.

Page 1 of 1 | Total Record : 5